Yogyakarta merupakan salah satu kota kebanggaan yang dimiliki Indonesia. Betapa tidak? Disini terkumpul segala macam kebudayaan, kesenian, ilmu akademik, sekaligus tempat-tempat wisata yang akan sangat disayangkan bila tidak dikunjungi.

Bahkan, sebagian wisatawan mancanegara biasanya mencantumkan kota Yogyakarta dalam daftar atas kota yang akan dikunjungi. Hal ini didukung karena beberapa hal, yaitu harga segala macam makanan dan barang di Yogyakarta sangatlah murah.

Selain murah, penduduknya pun memiliki sifat yang begitu ramah terhadap para pendatang, dan mereka akan menyambut dengan sepenuh hati. Murah, ramah, yogyakarta juga kaya akan kesenian.

Kota ini adalah muara dari berbagai kebudayaan yang dilestarikan oleh para penduduknya. Bagi orang-orang yang suka traveling maupun berlibur, maka Yogyakarta adalah pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai destinasi kota wisata yang dikunjungi.

ada beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi ketika pergi berlibur ke kota Yogyakarta. Beberapa tempat wisata ini bisa disesuaikan dengan rute yang diinginkan.

Contohnya saja, jika ke Yogyakarta menggunakan pesawat, maka setelah sampai di bandara dan mencari hotel yang pas, bisa langsung bertandang ke candi prambanan.

Candi prambanan adalah candi yang sangat bersejarah dan merupakan candi kebanggaan Indonesia setelah candi borobudur. Di candi prambanan ini, ada banyak candi lainnya yang tergabung dalam satu komplek.

Selain itu, komplek candi prambanan juga memiliki lahan hijau yang sangat luas sehingga  akan membuat pemandangan semakin indah ketika dilihat mata. Terlebih lagi, setiap periode tertentu, di candi prambanan ada pergelaran tari tradisional yaitu ramyana ballet.

Tarian ini merupakan representasi dari sejarah asmara rama dan shinta yang konon bersangkutan erat dengan dibangunnya candi ini.

Setelah pergi ke candi, maka perjalanan selanjutnya akan lebih mudah bila pergi ke pantai gunung kidul di pagi hari. Gunung kidul memiliki banyak sekali pantai pasir putih yang sangat terkenal dengan keasriannya, dan keasrian ini semakin dipercantik dengan sedikitnya tangan manusia yang mengubah destinasi wisata ini, sehingga pantainya akan benar-benar terlihat murni dari bentukan alam.

Ada pantai siung, pantai wohkudu, pantai sepanjang, pantai kukup, krakal, drini, dan banyak pantai lainnya yang akan memanjakan mata dan selalu membuat kamera tidak pernah kehabisan objek untuk diabadikan.

Setelah pergi ke pantai gunung kidul dan pulang pada siang atau sore hari, perjalanan akan terasa sangat sempurna bila dilanjutkan untuk berjalan-jalan di kawasan malioboro.

Seperti yang telah diketahui, bahwa malioboro adalah jantung kota Yogyakarta, kawasan yang sangat dibanggakan di daerah istimewa ini baik segi kulturalnya maupun segi modernisasinya.

Berkunjung ke malioboro di sore hari yang cerah akan disuguhkan megahnya pemandangan senja yang menaburi tanah malioboro, apalagi jika dilihat dari tempat 0 km jogjakarta.

Dari tempat ini, keraton kesultanan yogyakarta akan terlihat begitu jelas dan menawan. Yogyakarta tidak pernah kehabisan tempat wisata dan budaya, karena ketika melihat kraton dari dekat, akan disuguhkan museum kereta api yang ada di sebelah barat keraton.

Atau bisa juga untuk tidak langsung mendatangi keraton, melainkan mampir ke benteng vredeburg terlebih dahulu. Benteng ini adalah saksi sejarah bisu yang menyaksikan perjuangan kerajaan Yogyakarta dalam melawan para penjajah sebelum Indonesia merdeka.

Di benteng ini, sebagian perjalanan kota yogyakarta akan diceritakan melalui miniatur yang dilengkapi dengan narasi sekaligus foto lama sebagai bukti sejarahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *